Kegiatan KUKERTA terintegrasi kelompok 11 Universitas Abdurrab di kabupaten Siak

Kegiatan KUKERTA kelompok 11 ini beranggotakan Riski Rahmatullah Kusaini (Prodi Teknik Informatika), Rendi Saputra (Prodi Teknik Informatika), Della Ulfa (Prodi Ilmu Pemerintahan), Omegawati P (Prodi Pendidikan Dokter), dan Ikhsan Julian (Prodi Pendidikan Dokter). Sebagai Dosen pembimbing lapangan kelompok ini adalah Diki Arisandi, M.Kom.

Kegiatan KUKERTA ini terintegrasi dengan kegiatan pengabdian Dosen yang dilaksanakan pada tanggal 1 September hingga 12 September 2020, yang mengambil lokasi pengabdian di Desa Dayun Kabupaten Siak. Adapun yang menjadi mitra kegiatan ini yaitu dari pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Siak melalui Nanang Sudianto.

kegiatan KUKERTA dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa yang berasal dari multidisiplin ilmu terhadap bencana asap yang selalu terjadi setiap tahun di Riau, terutama kabupaten Siak. kegiatan KUKERTA dilakukan selama dua minggu, kegiatan yang dilakukan yaitu membuat media interaktif berupa video pendek dan flyer terkait bahaya asap yang ditimbulkan dari sisi kesehatan dan larangan dan hukuman membakar hutan menurut regulasi yang berlaku. Selain membuat media interaktif, mahasiswa kukerta juga membantu Dosen Pembimbing dalam membuat aplikasi monitoring kebakaran hutan yang nantinya dapat diakses di https://smartmon.univrab.ac.id

Media interaktif akan dibagikan kepada mitra pengabdian untuk dapat di disktribusikan ke warga sekitar Desa Dayun, dengan harapan bahwa kesadaran untuk tidak membakar lahan akan semakin besar dan warga sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh asap. Selain itu, aplikasi yang dirancang dapat membantu mitra pengabdian dalam memonitor kondisi lahan secara berkala agar bahaya kebakaran atau asap dapat diidentifikasi sedini mungkin.

“Kegiatan seperti ini bagus untuk mengasah mahasiswa dalam melihat berbagai permasalahan di masyarakat, sekaligus hadir untuk memberikan solusi, apapun bentuknya.” Ujar Diki. Sementara ditempat yang berbeda, Nanang berkomentar “peran serta masyarakat terutama dari kalangan mahasiswa sangat dinanti dalam membantu kami di BPDB, khususnya masalah bencana kebakaran dan asap.” Kegiatan KUKERTA ini ditutup pada tanggal 13 September 2020. “Harapan kami agar pelajar Siak tertarik untuk bergabung bersama kami untuk kuliah di Universitas Abdurrab Pekanbaru, kami berharap dengan hadirnya kami di tengah-tengah masyarakat Siak hari ini, mereka punya perhatian dan tertarik untuk melanjutkan studi di Univrab.” Ungkap Riski sebagai ketua kelompok 11. (da)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *