IBM: Hindari Plagiasi dalam Pembuatan Karya Ilmiah

Pekanbaru, Tugas utama dosen adalah tridharma, dimana seorang dosen wajib melakukan tridharma setiap semesternya, Pengabdian Masyarakat adalah salah satu tridharma yang dilakukan oleh seorang dosen. Tahun ini wabah Covid 19 belum berakhir, dan untuk itu kegiatan masyarakat dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting

Tim pengabdian masyarakat ini di ketuai oleh ibu Lisnawita, M.Kom, dan dibantu oleh dua orang anggota tim yaitu bapak Guntoro,ST.,M.Kom dan ibu Olivia Anggie Johar, S.H.,M.H Mitra Tridharma kali ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau dan Universitas Lancang Kuning. Kegiatan dilaksanakan Sabtu, 16 Oktober 2021 dengan dihadiri oleh 13 orang peserta dengan tema kegiatan Hindari Plagiasi dalam pembuatan karya ilmiah. Tujuan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat membantu peserta agar mampu menulis karya ilmiah lebih baik dan tentunya terhindar dari plagiasi.

Kegiatan ini dimulai dengan memberikan link form kuesioner pre test untuk di isi mahasiswa sehingga dapat diukur pemahamannya sebelum dilaksanakan kegiatan ini. Setelah itu kegiatan dibuka dan Pemateri menyampaikan materi tentang Plagiarisme, Sanksi dari Plagiarisme, Parafrase Kalimat, Cara Sitasi yang baik, dan langkah-langkah yang dilakukan agar terhindar dari plagiasi, sehingga  dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya lebih baik. Metode yang dilakukan dengan ceramah dan beberapa contoh dalam paraphrase karya ilmiah. Pada kegiatan ini mahasiswa terlihat sangat antusias terhadap materi yang disampaikan, sehingga banyaknya pertanyaan yang di ajukan kepada pemateri,dan mereka sangat senang mendapatkan pengetahuan baru untuk hindari plagiasi karya ilmiah ini. Pemateri memberikan beberapa contoh cara paraphrase kalimat, dan kemudian peserta pun ikut terlibat menyampaikan pendapatnya, dan pemateri juga menjelaskan beberpa tools yang dapat digunakan dalam parafarase kalimat sehingga mahasiswa paham dengan apa yang disampaiakn pemateri. Setelah peserta paham maka peserta diberikan Link Form Post Test untuk mengukur tingkat pehamanan peserta terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. Dari hasil post test dan penyelesaian kasus tersebut terlihat pemahaman peserta meningkat sekitar 64,04 %. Kita tim pengabdian masyarakat berharap peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah kita share pada kegiatan pengabdian masyarakat ini sehingga peserta mampu menyelesaikan skripsinya tanpa plagiasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.