DOSEN UNILAK BERIKAN PELATIHAN PENGGUNAAN BLENDED LEARNING SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN DARING

Merebaknya Covid-19 di Indonesia telah merubah tatanan kehidupan dalam segala bidang. Termasuk bidang Pendidikan, dimana pelaksanaannya dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Menghadapi kondisi saat ini pembelajaran daring dengan menggunakan e-learning merupakan solusi dapat dilakukan. Dimana interaksi antara dosen kepada mahasiswa begitu jjuga sabaliknya dilakukan dalam sebuah room e-learning yang telah tersedia.

Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru telah menyiapkan model pembelajaran daring jauh sebelum Covid-19 merebak. Pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi opersource yang dikeluarkan oleh moodle.com yang diinstal melalui aplikasi server pribadi dari Unilak. Manfaatnya adalah semua kegiatan interaksi mahasiswa dan dosen terekam dan tersimpan sebagai arsip diaplikasi milik sendiri yang bisa digunakan kapan saja waktunya.

Menghadapi kondisi ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Unilak yang di ketuai oleh H. Fajrizal, S.P, M.Kom yang beranggotakan Roki Hardianto, M.Kom dan Musfawati, S.E, M.M mengangkat tema PKM dengan judul Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Blended Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning.

Pada kegiatan tersebut hadir pada room Zoom Meeting sebanyak 89 mahasiswa. Pada kegiatan tersebut sebagai narasumber adalah Roki Hardianto, M.Kom yang merupakan admin dari aplikasi e-learning Unilak yakni www.blended-learning.unilak.ac.id . Kegiatan dilaksanakan pada 2 Oktober 2020 diawali dengan sambutan dari ketua PKM yakni H. Fajrizal, S.P, M.Kom yang merupakan dekan Fakultas Ilmu Komputer. Beliau berharap peserta supaya mendengarkan dan mempraktekkan kegiatan ini karena menjadi bekal mahasiswa ketika pembelajaran daring dilaksanakan.

Diakhir dari kegiatan peserta diminta mengisi kuisioner yang bertujuan memberikan data tingkat pemahaman mahasiswa akan penggunaan dan penerapan aplikasi blended learning. Selain itu banyak pertanyaan yang disampaikan mahasiswa terkait aplikasi blended learning.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *