Pelatihan Aplikasi CAT (Computer Asisted Test) Di SMA Negeri 16 Pekanbaru

Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Pekanbaru menerapkan Aplikasi CAT sebagai pengganti ujian konvensional yang selama ini telah digunakan oleh sekolah yaitu berupa google form. Ada beberapa kendala yang terjadi saat menggunakan google form yaitu sekolah kesulitan dalam merekap dan menganalisa jawaban-jawaban dari siswa, juga kesulitan dalam membuat leger nilai, terlebih lagi tidak adanya pengecekan autentikasi akun siswa.

Penggunaan aplikasi CAT dalam media pembelajaran berbasis web ini sangat dapat membantu setiap siswa dan guru di SMA Negeri 16 Pekanbaru. Sistem informasi ini merupakan suatu kesatuan yang secara bersama-sama menampilkan informasi, pesan, atau isi pelayanan yang bertujuan untuk menyajikan informasi dalam bentuk data, visualisai, mudah dimengerti, dan jelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media sistem informasi berbasis web ini siswa dan guru dapat dengan mudah melihat jawaban, absensi yang telah dilakukan oleh siswa

Solusi dari Program Kegiatan Mitra (PKM) ini adalah pelatihan sistem informasi CAT yang ditujukan kepada guru dan siswa dari SMA Negeri 16 Pekanbaru. Pelatihan ini lebih ditekankan ke bimbingan teknis dalam penggunaan CAT. Dimana ada beberapa fasilitas yang akan digunakan seperti upload soal dan siswa ke CAT lalu melakukan rekap nilai di aplikasi CAT. Dalam pelatihan ini juga akan diikutsertakan pimpinan-pimpinan yang ada di SMA Negeri 16 Pekanbaru seperti Kepala Sekolah dan Wakil-Wakil Kepala Sekolah beserta guru.

Program PKM ini akan difokuskan pada Guru dan Siswa di lingkungan SMA Negeri 16 Pekanbaru. Program PKM ini akan dibimbing langsung oleh tim pengusul program pengabdian. Program PKM ini direncanakan tuntas dalam kurun waktu 3 bulan dan bertujuan dapat menghasilkan pelayanan yang berkualitas baik dengan memanfaatkan aplikasi tersebut. Sehingga wali kelas dan guru terbantukan dalam merekap nilai.

You may also like...