Dosen Unilak Berikan Edukasi Pembelajaran Berbasis IT Kepada Guru PAUD Lilik

Memasuki tahun ajaran baru pembelajaran dalam masa Pandemi Covid-19 menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para guru. Karena disamping mempersiapkan sekolah, guru juga dituntut memahami penggunaan IT dalam proses pembelajaran. Karena pembelajaran berbasis IT menuntut guru kreatif dalam membuat media pembelajaran.

Melihat problem yang terjadi kepada guru khususnya guru PAUD maka melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning mengangkat tema kegiatan tentang edukasi pembuatan media pembelajaran digital kepada guru PAUD Lilik. Kegiatan ini di ketuai oleh Roki Hardianto, M.Kom beranggotakan Fana Wiza, M.Kom, Wirdahchoiriah, M.Kom.

Kegiatan dilaksanak pada Sabtu, 3 Juli 2021 di PAUD Lilik. Hadir sebagai peserta pelatihan hadir ketua yayasan Lembaga Pendidikan Salsabila Dewi Suriany, S.Pd, Kepala Sekolah PAUD Lilik Ulfa Rahmawati, S.PdI dan majelis guru.

Dalam sambutannya ketua Yayasan mengatakan “ kami sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, ini merupakan jawaban atas doa kami selama ini, kami sangat ingin melakukan perubahan pada system Pendidikan di PAUD ini kepada arah yang lebih maju”.

Materi diberikan adalah tentang membuat media pembelajaran berupa video dengan menggunakan aplikasi OBS Studio. Guru diajarkan menggunakan aplikasi tersebut dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu dan juga diajarkan membuat slide persentasi yang menarik agar siswa-siswi lebih antusias dalam belajar.

Selain membahas tentang media pembelajaran, narasumber juga dihujani dengan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan IT, karena para guru di PAUD Lilik tidak ada lulusan sarjana IT.

Diakhir kegiatan Roki Hardianto, selaku narasumber mengatakan bahwa guru harus mau dan mau mengupgrade kualitas dan kwantitas pembelajaran juga harus penasaran dengan hal baru yang berkembang apalagi yang berhubungan dengan proses pendidikan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *